-->
  • Menu

    Copyright © Milda's Family Blog
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Domain


    1. Nama Domain / Domain Name

    Nama domain atau domain name ibaratnya adalah alamat diinternet ontohnya google.com, indonesia.go.id dan OLX.co.id. untuk mengakses website anda, anda harus tahu nama domain anda.

    Secara teknis, nama domain berfungsi untuk mempermudah pengelaman di internet, menggantikan alamat dalam bentuk deretan angka (disebut IP address) yang sangat sulit untuk di ingat. Nama domain bersifat unik jadi, anda tidak perlu menggunakan nama domain facebook.com, karena sudah ada yang menggunakannya.

    Tidak diperlukan keahlian khusus untuk memiliki sebuah nama domain. nama domain dapat anda peroleh dengan mudah, baik dengan cara membayar maupun memperolehnya secara gratis.

    Nama domain /domain name gratis bisa anda peroleh dari layanan web hosting gratis atau layanan web blog gratis. Nama domain yang diberikan umumnya bukan nama domain utama melainkan sub domain. Susunan alamat yang anda peroleh adalah namaanda.domain.com, contoh: mikaelmilang.blogspot.com.

    Domain gratis cocok untuk buat website/blog personal atau untuk keperluan belajar. Namun, susunan alamatnya yang panjang menjadikan website ini sulit dihapal orang dan berkesan kurang profeional. Contoh penyedia domain plus hosting gratis adalah 000webhost.com. Sedangkakn penyedia web blog gratis (domain, hosting, dan aplikasi web) antara lain WordPress dan blogger.com atau blogspot.com.

    Nama domain berbayar cocok bagi anda yang ingin membangun website profesional. untuk memilikinya, anda harus melakukan registrasi dan membayar sewa nama domain per tahun. Biayanya saat ini kurang lebih 129,000/th. Perolehannya dapat anda lakukan melalui situs-situs layanan registrasi contohnya GoDaddy.com, name.com, hostinger.co.id dan namecheap.com. Pedaftaran juga bisa dilakukan melaui perantara layanan web hosting yang umumnya juga melayani pendaftaran domain. susunan alamat yang anda peroleh dari cara berbayar misalnya mikaelmilang.com.

    Nama domain yang anda sewa ini disebut Top Level Domain (TLD). secara umum, ada 2 jenis nama domain utama yang digunakan orang. yaitu gTLD dan ccTLD. Masing-masing dapat ditenggarai dari akhiran dot disusul nama domain.


    #Buku Cara Membuat Website Modern
    MIKAEL MILANG Friday, September 22, 2017 Last Updated 2020-05-05T18:12:19Z
    loading...
    Komentar

    Tampilkan