-->
  • Menu

    Copyright © Milda's Family Blog
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pengertian Matematika


    Matematika (dari bahasa Yunaniμαθηματικά - mathēmatiká) adalah studi besaranstrukturruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola,[2][3] merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksiyang ketat diturunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.[4]
    Terjadi perdebatan tentang apakah objek-objek matematika seperti bilangan dan titik sudah ada di semesta, jadi ditemukan, atau ciptaan manusia. Seorang matematikawan Benjamin Peirce menyebut matematika sebagai "ilmu yang menggambarkan simpulan-simpulan yang penting".[5] Namun, walau matematika pada kenyataannya sangat bermanfaat bagi kehidupan, perkembangan sains dan teknologi, sampai upaya melestarikan alam, matematika hidup di alam gagasan, bukan di realita atau kenyataan. Dengan tepat, Albert Einstein menyatakan bahwa "sejauh hukum-hukum matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti; dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan."[6] Makna dari "Matematika tak merujuk kepada kenyataan" menyampaikan pesan bahwa gagasan matematika itu ideal dan steril atau terhindar dari pengaruh manusia. Uniknya, kebebasannya dari kenyataan dan pengaruh manusia ini nantinya justru memungkinkan penyimpulan pernyataan bahwa semesta ini merupakan sebuah struktur matematika, menurut Max Tegmark. Jika kita percaya bahwa realita di luar semesta ini haruslah bebas dari pengaruh manusia, maka harus struktur matematika lah semesta itu.
    Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahanperhitunganpengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Matematika praktis mewujud dalam kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulis. Argumentasi matematika yang ketat pertama muncul di dalam Matematika Yunani, terutama di dalam karya EuklidesElemen.
    Matematika selalu berkembang, misalnya di Tiongkok pada tahun 300 SM, di India pada tahun 100 M, dan di Arab pada tahun 800 M, hingga zaman Renaisans, ketika temuan baru matematika berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru yang mengarah pada peningkatan yang cepat di dalam laju penemuan matematika yang berlanjut hingga kini.[7]
    Kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alamteknikkedokteran/medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi, dan psikologiMatematika terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapan pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti statistika dan teori permainan.
    Para matematikawan juga bergulat di dalam matematika murni, atau matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri. Mereka berupaya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di dalam pikirannya, walaupun belum diketahui penerapannya. Namun, kenyataannya banyak sekali gagasan matematika yang sangat abstrak dan tadinya tak diketahui relevansinya dengan kehidupan, mendadak ditemukan penerapannya. Pengembangan matematika (murni) dapat mendahului atau didahului kebutuhannya dalam kehidupan. Penerapan praktis gagasan matematika yang menjadi latar munculnya matematika murni seringkali ditemukan kemudian

    Download Materi Lengkap Matematika Dari Wikipedia dijamin anda akan pandai Matematika

    Apa kamu salah satu orang yang punya masalah dengan pelajaran matematika? Jika iya, sekarang kamu tidak perlu risau lagi, karena dengan jaman secanggih ini kamu sudah bisa menjawab soal matematika dengan mudah dan cepat tanpa perlu pikir panjang.
    Cukup dengan Mathway.com, kamu sudah bisa menyelesaikan seluruh soal matematika dengan mudah dan cepat secara otomatis tanpa perlu berpikir panjang. Hebatnya, kamu juga tidak perlu menghafal rumus. Cukup dengan memasukan pertanyaan, dan jawaban akan muncul dengan sendirinya.

    Penasaran? Perhatikan contoh berikut:


    Dari pertanyaan di atas bisa dilihat bahwa kamu diharuskan mencari Nilai X. Mudah saja, kamu tinggal memasukan pertanyaan tersebut di website Mathway.

    Gimana? Menarik, bukan? Bayangkan saja, soal yang seharusnya kamu kerjakan dalam waktu 10 menit, bisa terselesaikan hanya dengan satu klik tombol "Answer".

    Bagaimana Caranya?

    1. Pergi dan kunjungi website Mathway.com.
    2. Kedua, pilih jenis topik yang ingin kamu gunakan. Cukup lengkap, ada Kalkulus, Statistik, hingga Algebra, dan masih banyak lainnya.
    3. Selanjutnya, masukanlah sebuah pertanyaan yang ingin kamu temukan jawabannya. Sebagai contoh, gunakan pertanyaan di bawah ini:
    4. Masukan pertanyaan tersebut, lalu klik tombol Answer.

    1. Dengan sekejap jawaban dari pertanyaan kamu akan muncul. Keren kan? Bayangkan jika kamu harus mengerjakan 50 soal matematika seperti ini, mungkin kamu hanya butuh waktu 10 menit. Hihihi..
    Kalau kamu mau coba gunakan aplikasi Androidnya, bisa juga loh. Download aja nih, Mathway for Android:

    #Matematika
    MIKAEL MILANG Tuesday, October 17, 2017 Last Updated 2020-05-05T18:12:14Z
    loading...
    Komentar

    Tampilkan