-->
  • Menu

    Copyright © Milda's Family Blog
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Cara Installasi Aplikasi BPOPP 2019/2020 RKAS-BPOPP Disdik Jatim

    Panduan dan petunjuk penggunaan aplikasi BPOPP (RKAS-BPOPP) ini di salin dari modul aslinya sebagai panduan Installasi Aplikasi BPOPP secara online. Sebelum melakukan isntalasi Aplikasi BPOPP Versi Desktop untuk windows perhatikan minimal spesifikasi komputer : Windows 7 atau windows 10, Net Framework 3.5, RAM 2GB Hard disk 20GB.
    Panduan dan petunjuk penggunaan aplikasi  Cara Installasi Aplikasi BPOPP 2019/2020 RKAS-BPOPP Disdik Jatim

    Proses Installasi BPOPP

    Sebelum melakukan proses installasi aplikasi BPOPP versi 1.0.1 Anda haru melakukan download installer aplikasi di website https://bpopp.disdikjatim.com. Silakan lakukan download installer pada menu DOWNLOAD

    Setelah melakukan download, simpan dan file tersebut pada computer Anda, file tersebut bernama rkasbpopp.exe.  Install aplikasi dengan klik 2 kali atau klik kanan trus Run as administrator. Akan tampil proses installasi.

    Pilih lokasi installasi program di simpan, disarankan untuk menyimpan file installasi di Program Files, (C:\Program Files\bpopp) klik next untuk melanjutkan proses installasi.

    Langkah selanjutnya memilih default lokasi icon aplikasi (centang checkbox), pilih Next untuk melanjutkan. Klik Install untuk melakukan proses installasi, proses installasi akan berjalan tunggu beberapa saat sampai selesai. Proses installasi sudah selesai klik finish untuk mengakhiri, otomatis aplikasi akan dijalankan.

    Menjalankan Aplikasi BPOPP

    Setelah proses installasi selesai, jalankan aplikasi BPOPP dengan klik icon pada desktop, akan muncul splash screen.

    Pada tahap ini, aplikasi akan memeriksa kelengkapan komponen aplikasi dan memeriksa apakah sudah ada user aktif yang sudah terdaftar pada aplikasi. Apablia belum pernah melakukan aktivasi, selanjutnya akan muncul form aktivasi program, apabila sudah melakukan aktivasi akan muncul form login masuk aplikasi.

    Registrasi Aplikasi BPOPP

    Apabila Anda menjalankan aplikasi pertama kali, maka akan muncul form registrasi yang meminta Anda untuk mengaktifkan user dengan melengkapi form registrasi. Selanjutnya silakan lengkapi data untuk mengaktifkan user Anda.
    • Kode Aktivasi, merupakan kode unik yang diperoleh oleh cabang dinas untuk melakukan proses aktivasi user di aplikasi. kode ini diperoleh dari Admin Dinas Pendidikan melalui email yang dikirimkan oleh Admin Dinas Pendidikan.
    • Nama Lengkap, isikan nama lengkap operator sekolah.
    • Nomor Handphone, mengisikan nomor HP aktif 
    • Alamat Email, isikan alamat email yang valid dan aktif sebagai username login Anda, nantinya alamat email ini juga digunakan untuk melakukan proses reset password apabila Anda lupa password login Anda.
    • Buat Password, membuat password sendiri untuk untuk login user.
    • Ulangi Password, mengulangi password yang Anda masukkan untuk memastikan password yang Anda gunakan sudah sesuai.
    Pada proses aktivasi aplikasi ini memerlukan koneksi internet untuk memvalidasi kode aktivasi ke server online, pastikan komputer Anda terkoneksi internet untuk melakukan aktivasi. Tanda Anda terkoneksi server akan muncul pada form aktivasi. Apabila aktivasi sukses form akan tertutup otomatis dan akan muncul form login.

    Login Aplikasi BPOPP

    Apabila user Anda sudah teraktivasi akan muncul form login. Selanjutnya lengkapi form login tersebut untuk dapat login dan menggunakan aplikasi.
    • Username/Alamat Email Isikan alamat email yang didaftarkan pada waktu proses aktivasi.
    • Password  Isikan password login Anda sesuai dengan password yang dibuat pada proses aktivasi.
    Setelah melengkapi username dan password silakan klik tombol login User, apabila sukses Anda akan diarahkan pada halaman aplikasi BPOPP modul Sekolah.

    Reset Password BPOPP

    Apabila Anda lupa password login, Anda dapat melakukan reset password Anda dengan mengklik Lupa Password pada halaman login. Pada proses reset password dibutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan kode reset password ke email anda, pastikan komputer anda terhubung internet.

    Langkah pertama untuk melakukan reset password adalah mengirimkan kode validasi reset ke email Anda. Isikan alamat email yang sudah didaftarkan dan masukkan kode aktivasi program yang diperoleh dari cabang dinas.

    Setelah mengisikan email dan kode aktivasi klik tombil Kirim Kode Validasi Ke Email.  Apabila data sesuai, Anda akan menerima email otomatis berupa kode Validasi yang harus Anda masukkan untuk reset password Anda

    Langkah selanjutnya adalah melakukan reset password.
    • Kode Validasi, diisikan kode validasi yang Anda terima sebelumnya di email.
    • Masukkan Password Baru, silakan isikan password baru Anda.
    • Konfirmasi Password Baru, isikan lagi password diatas untuk memastikan password yang dipakai sesuai.
    • Klik tombol Reset Password untuk melakukan reset, apabila sukses akan ada pemberitahuan sukses, silakan lakukan login dengan memasukkan alamat email dan password baru Anda.
    Lebih lenngkap mengenai pengaturan lainnya serta memulai untuk pengisian data-data silahkan download manual Panduan dan Petunjuk Pengunaan Aplikasi BPOPP 2019/2020.
    Semoga berhasil.

    Sumber https://ibadjournals.blogspot.com/
    #BPOPP
    MIKAEL MILANG Tuesday, July 23, 2019 Last Updated 2020-05-05T18:11:48Z
    loading...
    Komentar

    Tampilkan