-->

Iklan Atas Milda's Family Blog

Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi, dan Teks Eksplanasi Beserta Contohnya
4/ 5 stars - "Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi, dan Teks Eksplanasi Beserta Contohnya" Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi, dan Teks Eksplanasi Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan den...

Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi, dan Teks Eksplanasi Beserta Contohnya

MIKAEL MILANG
Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi, dan Teks Eksplanasi
Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Contoh:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Contoh:


Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Contoh:



Referensi:
https://www.yuksinau.id/
Buku Bahasa Indonesia Kelas IX-K13 Edisi Revisi 2018


Sumber http://basindon.blogspot.com/

Yang Baru Milda's Family Blog

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru