-->
  • Menu

    Copyright © Milda's Family Blog
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Terbaru RPP Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 Semua Mata Pelajaran

    RPP Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 Semua Mata Pelajaran - Menjelang tahun pelajaran baru 2019/2020, seorang pendidik (Guru) diharuskan membuat dan menyusun Perangkat Pembelajaran untuk 1 tahun Pelajaran. RPP salah satunya yang termasuk kedalam Perangkat Pembelajaran/ Administrasi Guru selain dari Prota, Promes, Silabus, KKM, Jurnal Siswa, Absen Kehadiran Siswa, Legger, Klapper dan lain sebagainya.

    Disini kami mencoba membagikan RPP Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 semua mata pelajaran seperti PPKN, Bahasa Indonesia, PAI dan Budi Pekerti, Matematika, IPA, Bahasa Inggris, IPS, Prakarya, Seni Budaya, PJOK, Bahasa Sunda, Agama Kristen, Protestan, Hindu, Buddha, dan Khonghucu sekaligus dengan Prota, Promes, Silabus, KKM, Jurnal Siswa, Absen Kehadiran Siswa, Legger, Klapper

     diharuskan membuat dan menyusun Perangkat Pembelajaran untuk  Terbaru RPP Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 Semua Mata Pelajaran
    Download RPP Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 Semua Mata Pelajaran

    Perangkat Pembelajaran Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 Gratis

    Banyak Sekali baik di Media Sosial, Bukapalak, Tokopedia, Grup Pendidikan yang menawarkan Jual beli Perangkat Pembelajaran baik jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK setiap tingkat atau per Mata Pelajaran dengan harga yang bervariasi. Namun dibalik itu semua apakah bapak/Ibu yakin akan file yang dijualnya?? apakah benar-benar revisi 2018? apakah benar sudah memuat Integrasi PPK, Higher Order of Thinking Skill (HOTS), Literasi dan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation)? dan Apakah yang Jualan seorang Guru atau hanya orang yang mencari keuntungan semata? Selama ada yang Gratis dan isi filenya bisa dipertangungjawabkan, kenapa harus sampai membeli. 

    Kita bahas dahulu perubahan yang terjadi pada kurikulum 2013 Revisi 2018

    1. Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

    Dalam Perbaikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) didalam pembelajaran untuk Kurikulum 2013 Revisi 2017 haruslah diperkuat lagi terutama untuk 5 Karekter yaitu : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas.

    Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Dalam hubungan ini pengintegrasian dapat berupa :
    • Pemaduan kegiatan kelas,
    • Luar kelas di sekolah, dan
    • Luar sekolah (masyarakat/komunitas);
    • Pemaduan kegiatan intrakurikuler,
    • Kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
    • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
    • Perdalaman dan Perluasan dapat berupa
    • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
    • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan
    • Pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; kemudian
    • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
    2. Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
    Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

    Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi :
    • Literasi Dasar (Basic Literacy),
    • Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
    • Literasi Media (Media Literacy),
    • Literasi Teknologi (Technology Literacy),
    • Literasi Visual (Visual Literacy).
    3. 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation)

    Dimana keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu baru untuk kita.

    Di berbagai kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

    4. Higher-Order of Thinking Skill (HOTS)

    Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

    Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi meruapakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

    Sehingga di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kita buat agar muncul empat macam hal tersebut (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS) maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

    Berhubung hari baik, bukan hanya RPP Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 Semua Mata Pelajaran yang kami bagikan tapi sekaligus dengan Prota, Promes, Silabus, KKM, Jurnal Siswa supaya lebih lengkap dengan cepat.

    bagi yang membutuhkan silahkan ikuti saja link per mapel dibawah ini :

    Mata Pelajaran Seni Budaya SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran Prakarya SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran PJOK SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran PKN SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  PAI dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Bahasa Sunda SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Agama Katholik dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Agama Protestan dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Agama Hindu dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Agama Buddha dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Mata Pelajaran  Agama Khonghucu dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DISINI

    Aplikasi Pembuat Prota, Promes dan KKM DISINI

    Kalender Pendidikan Tahun 2019/2020 Semua Provinsi di Indonesia DISINI

    Aplikasi Guru SMP Kurikulum 2013 DISINI

    Jurnal Harian Guru Download

    Itulah kiranya berbagi Informasi dan file mengenai RPP Kelas 7 SMP/ MTs K13 Revisi 2018 Semua Mata Pelajaran, semoga bermanfaat.

    Sumber https://wikipediapendidikan.blogspot.com/
    #Kurikulum 2013 Revisi 2018#MTS
    MIKAEL MILANG Monday, July 22, 2019 Last Updated 2020-05-05T18:11:54Z
    loading...
    Komentar

    Tampilkan