Tutorial Wireshark Yang Mudah Dilakukan Untuk Analisis Jaringan


Tutorial Wireshark Yang Mudah Dilakukan Untuk Analisis Jaringan! Mungkin saat ini belum banyak orang yang tahu tentang apa itu wireshark. Pada dasarnya wireshark sendiri merupakan suatu aplikasi yang gratis dan memungkinkan kamu untuk bisa menangkap serta melihat data yang keluar. Wireshark sendiri sering digunakan untuk dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jaringan serta adanya pengembangan pada suatu software. Banyak sekali kegunaan dari software yang satu ini yang bisa kamu manfaatkan dengan maksimal tentunya.
Wireshark sendiri tentu pada awalnya banyak dikenal sebagai sebuah ethereal dimana memiliki banyak sekali berbagai macam fitur yang mudah di gunakan. Dan tentunya berbagai macam fitur tersebut bisa menampilkan data dari ratusan protocol yang berbeda pada semua jenis jaringan yang tersedia. Saat menggunakan software wireshark maka nantinya kamu akan bisa mendapatkann kesempatan melakukan analisis paket secara offline tentunya. Dengan begitu maka kamu memang perlu mempelajari mengenai tutorial wireshark yang biasa digunakan untuk analisis jaringan.
Dalam pembahasan di bawah ini kamu akan di berikan informasi mengenai tutorial wireshark yang mudah dilakukan untuk analisis jaringan. Dengan pembahasan ini maka nantinya kamu bakalan mendapatkan keuntungan dalam penerapannya. Dimana nantinya kamu bakalan mendapatkan kemudahan dalam melakukan analisis jaringan dengan sangat mudah menggunakan wireshark. Untuk itu maka kamu perlu menyimak pembahasan mengenai tutorial wireshark di bawah ini.

Berikut Beberapa Tutorial Wireshark Untuk Analisis Jaringan

tutorial wireshark
Download wireshark
Hal pertama yang harus dilakukan dalam tutorial wireshark yang digunakan untuk analisis jaringan adalah mendownload wireshark. Dalam penginstallan yang dilakukan penting bagi kamu untuk memilih berbagai macam software tambahan yang di butuhkan. Tentunya dengan begitu maka nantinya proses penggunaan wireshark sendiri akan lebih maksimal saat kamu memilih software tambahan yang sesuai.

Capture paket data
Setelah terinstall tentunya kamu akan bisa menjalnkan aplikasi wireshark yang biasanya berisi beberapa daftar koneksi jaringan yang tersedia. Kamu perlu memilih jenis jaringan tersedia yang kamu ingin gunakan dalam aplikasi wireshark tentunya. Cara mengcapture paket data pada wireshark adalah dengan menggunakan tombol Shift maupun Ctrl saat kamu ingin mengambil data dari jaringan yang bersamaan. Setelah itu kamu perlu memilih fitur menu wireshark dan kemudian pilih opsi start.
tutorial wireshark
Lihat serta analisislah isi paket
Kemudian tutorial wireshark selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan melihat serta menganalisis isi paket yang telah di ambil. Setelah kamu melakukan pengambilan paket maka kamu akan mendapatkan tiga bagian utama diantaranya daftar paket, rincian, serta byte. Pilihlah bagian yang ingin kamu lihat isi paket yang telah di dapatkan maka akan muncul rincian yang di inginkan.

Analisis data paket pada jaringan
Saat kamu sudah menentukan paket mana yang di cari maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengikuti alur. Dimana alur tersebut menjelaskan keluar masuknya paket data dari jaringan yang telah di dapatkan dan terhubung tentunya. Caranya cukup mudah dimana kamu perlu mengklik follow > HTTP stream maka nantinya arus keluar masuknya paket akan bisa terlihat pada jaringan.
Mungkin itu saja yang bisa di sampaikan kepada kamu tentang tutorial wireshark yang mudah dilakukan untuk menganalisis jaringan yang tersedia. Semoga pembahasan diatas dapat menjadi sebuah referensi yang dapat bermanfaat bagi kamu dan bisa di terapkan dalam penggunaan wireshark tentunya.