-->

Iklan Atas Milda's Family Blog

Kunci Sukses Meraih Keuntungan Dalam Berdagang Sembako
4/ 5 stars - "Kunci Sukses Meraih Keuntungan Dalam Berdagang Sembako" Ilustrasi Jualan Sembako Hello Pembaca Blog Milda's Family yang setia, apakah anda selalu mengalami kerugian dalam berbisnis atau berdag...

Kunci Sukses Meraih Keuntungan Dalam Berdagang Sembako

MIKAEL MILANG

Ilustrasi Jualan Sembako


Hello Pembaca Blog Milda's Family yang setia, apakah anda selalu mengalami kerugian dalam berbisnis atau berdagang sembilan bahan pokok atau sembako? Hehe, banyak dari kita yang ingin sekali sukses dalam berbisnis namun banyak pula faktor yang menyebabkan kita gagal dalam menjalani usaha ini.


1. PISAHKAN UANG PRIBADI DENGAN UANG USAHA


Tau gak anda yang membuat usaha kita kadang tidak bisa sukses dalam berdagang yakni kita selalu berpikir uang usaha adalah uang pribadi kita padahal walaupun itu bersumber dari anda semua, anda harus memisahkan uang usaha anda dengan uang pribadi anda. 


Jangan anggap enteng merasa bahwa ini merupakan usaha sendiri, sehingga kedisiplinan dalam hal keuangan kita abaikan dan menggabungkan keungan pribadi dengan keuangan usaha. Ini berlaku disemua usaha baik itu dalam usaha sembako maupun usaha lainnya. 


Tidak sedikit para pengusaha atau penjual sembako gulung tikar lantaran tidak memiliki kedisplinan dalam mengelola keuangan.


2. MEMBUAT DAFTAR HARGA BARANG


Membuat daftar harga barang itu sangat penting selain anda mengetahui berapa keuntungan dari penjualan anda dan dapat membantu anda untuk mengingat harga barang tersebut ketika pembeli datang membeli barang yang diinginkan. Buatlah tabel harga pokok beserta selisih harga jualnya dan kolom berikutnya merupakan kolom keuntungan dari selisih harga jual anda.


Hal ini dibutuhkan sedikit modal, anda wajib membuat tabel ini secara rapi menggunakan komputer dan mencetak lembar daftar harga barang ini agar anda bisa membuat perbandingan.


3. BUATLAH TABEL PENJUALAN ANDA


Tabel penjualan anda merupakan hal yang penting untuk anda menjalankan bisnis sembako, sekalipun hanya satu buah permen, tetap dicatat beserta harga dasar dan selisihnya sehingga anda mengetahui berapa keuntungan anda dalam setiap penjualan. Ini terbilang agak rumit dan ribet, tapi tidak ada kata lain jika ingin sukses haruslah disiplin dalam hal ini.


Beda halnya anda menggunakan komputerisasi yang dimana semua menggunakan scanner harga sehingga anda tidak akan repot untuk mendatanya. Tapi ini butuh modal yakni alat scannya dan juga komputer yang dipakai. Disarankan menggunakan laptop karena akan lebih hemat listrik jika anda menggunakan cara ini, tapi jika anda menggunakan cara tradisional ala jaman belanda, it's okay yang penting dicatat.


4. BELILAH PRODUK YANG PALING BANYAK DIMINATI


Hukum jual beli itu juga ada, semakin banyak permintaan terhadap sebuah produk, semakin besar peluang keuntungan kita dapat dari produk tersebut. lakukanlah survey dibulan pertama dan bulan kedua. Jika barang dagangan anda banyak diminati misalnya Kopi Robusta dan ternyata dalam 2 bulan terakhir Kopi Robusta banyak diminati oleh pembeli, ya usahakan barang tersebut jangan sampai kosong. Berarti anda harus memiliki persedian terhadap barang tersebut lebih banyak.


5. HARGA TERJANGKAU


Semakin murah harga barang anda, semakin cepat perputaran penjualan anda. Banyak pedangan yang menjual barang dagangannya dengan harga yang cukup tinggi dengan dalil, toh orang datang beli juga. Padahal dengan harga selisih keuntungan yang tidak besar membuat perputaran penjualan kita semakin cepat karena pembeli cenderung datang kembali untuk membeli kembali ditempat anda. 


6. HINDARI MEMBERIKAN UTANG KEPADA PEMBELI 


Ini sebenarnya yang menjadi dilema bagi para pedagang atau pengusaha sembako. Pembeli yang kadang datang untuk mengutang dengan seribu alasan membuat kita terkadang tidak tega jika kita tidak memberikan utangan. Hei bro, dunia bisnis itu kejam. Anda dituntut untuk bisa memilah mana yang penting mana yang tidak penting. Jika yang datang kepada anda utang beras 2 kilo gram karena dia tidak bisa makan dirumah, berikanlah utangna itu dengan iklas karena anda telah membantu ia menyambung hidupnya. Tapi jika dia datang utang rokok yang dimana tidak berfaedah bagi kesehatannya atau hanya semata-mata untuk kesenangannya, maaf anda harus mikir-mikir dulu, karena anda lebih baik kehilangan 10 pelanggan daripada anda kehilangan 100 pelanggan yang pergi meninggalkan anda karena anda tidak memiliki stok barang anda lantaran habis diutangan. 


Memang terlihat kejam, tapi bantulah orang lain sesuai dengan porsinya. Ketika anda sukses dalam menjalankan usaha anda mengapa nggak anda membantu menggunakan uang pribadi anda bukan uang bisnis anda. Jika anda membantu orang itu lantaran dia saudara, keluarga dan kerabat anda, berarti anda harus bersiap diri mengeluarkan uang pribadi anda untuk mendahului membayar dangangan yang diutangi oleh pembeli tadi. Itu hukumnya kalau mau sukses.


Ok, ilmu berikutnya nyusul... 

Yang Baru Milda's Family Blog

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru